cara membuat paspor online

Sebagai salah satu tanda pengenal, sudah seharusnya seseorang mengetahui cara membuat paspor online. Hal ini diperlukan agar ketika bepergian ke luar negeri tidak lagi mengalami kendala terutama dalam persyaratan dasar. Seiring kemajuan teknologi, pembuatannya pun tidak lagi hanya manual melainkan memanfaatkan gadget.

Tahapan cara Membuat Paspor Online yang Harus Dilalui

Jika Anda termasuk orang yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri, paspor bukan lagi hal baru. Pasalnya, satu tanda pengenal ini sangat berfungsi sebagai pengantar agar bisa sampai dan diterima di tempat tujuan.

Mengingat kemudahan teknologi, maka pembuatan paspor pun mellaui tahapan-tahapan mudah secara online. Berikut ulasannya:

  1. Siapkan Persyaratan Dasar

Sebelum melangkah ke tahapan lainnya, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah berkas-berkas sebagai persyaratan dasar. Bagi WNI dewasa, memerlukan Kartu Tanda Penduduk asli beserta foto copynya. Begitu pula dengan KK, Akta kelahiran, hingga ijazah terakhir.

Sedangkan bagi anak dari WNI harus memenuhi persyaratan dasar mulai dari KTP orangtua asli beserta copyannya.

Selanjutnya persiapkan dokumen lain seperti Kartu Keluarga hingga akta kelahiran. Bahkan Anda juga harus membawa buku nikah asli kedua orangtua. Jika perpanjangan maka memerlukan paspor lama.

  1. Gunakan Layanan Whatsapp Gateaway Service

Cara membuat paspor secara online dengan mudah memang tersedia banyak sekali. Anda bisa melakukannya melalui aplikasi sehari-hari Whatsapp. Hal ini karena akan langsung terhubung dengan petugas kantor imigrasi. Kirim chat menggunakan format tertentu sesuai peraturan.

Yaitu ketik #Nama#Tanggal Lahir#Tanggal Kedatangan Membuat Paspor. Berikutnya kirimkan pesan tersebut ke nomor layanan masing-masing wilayah yang dapat Anda lihat di internet. Tetapi karena pelayanan paspor online cara ini belum bisa diterapkan di seluruh kota maka hanya tertentu saja.

  1. Gunakan Aplikasi Khusus

Proses pendaftaran atau pembuatan paspor secara online ini memang lebih efektif. Pasalnya Anda hanya perlu mengunduh aplikasi untuk melakukannya. Kunjungi Play Store atau App Store di masing-masing perangkat pribadi. Kemudian ketikkan di kolom pencarian “Antrian Paspor”.

Aplikasi tersebut memberikan proses lebih simpel. Karena pendaftar bisa langung mengakses menggunakan HP dengan tampilan jelas pula. Tetapi selain melalui aplikasi dapat dilakukan di website kantor imigrasi resmi. Hanya saja ketika laman Browser tidak sengaja terhapus maka proses diulang dari awal.

daftar-antri-paspor-online

  1. Lakukan Pendaftaran

jika Anda sudah mengunjungi website resmi milik kantor imigrasi, maka akan ditampilkan di awal beberapa menu. Pilih untuk pembuatan paspor. Kemudian baru muncul kolom-kolom pendaftaran tentang data diri dan menyangkut berkas-berkas dasar yang disertakan di awal.

Tetapi bila Anda ingin mengaksesnya tanpa batasan waktu, lebih baik menggunakan aplikasi. Pasang saja di HP kemudian jika sudah berhasil maka akan muncul beberapa menu di bagian awal. Pilih daftar, baru isi semua data yang disertakan termasuk email, kata sandi, dan sebagainya.

  1. Pilih Jadwal

Cara membuat paspor online berikutnya Anda harus menentukan jadwal terlebih dahulu. Pendaftar akan mendapatkannya di menu “Jadwal antrean” sekaligus memilih kantor imigrasi terdekat dengan lokasi. Karena nanti pada tahap lanjutan harus diselesaikan langsung dengan tatap muka.

Pemilihan jadwal ini diperlukan karena setiap kantor imigrasi memiliki batasan kuota pelayanan per harinya. Hal itu artinya harus dibagi melalui beberapa kloter atau waktu. Biasanya jika Anda ingin proses cepat maka dianjurkan untuk mencari jadwal antrean tersedia di lokasi terdekat lainnya.

  1. Cek Jadwal

setelah memilih dan menentukan jadwal andtrean termasuk lokasi kantor imigrasi terdekat, cara daftar paspor online berikutnya memasuki tahap pengecekan jadwal. Pendaftar perlu mengunjungi laman utama website resmi atau tampilan awal aplikasi Antrean Paspor.

Periksa kembali tentang kebenaran data yang sudah diisikan. Mulai dari tanggal, tempat, hingga beberapa informasi tambahan. jika dirasa sudah benar maka lihat ke sisi samping terdapat Kode QR dapat Anda screenshot untuk ditunjukkan ke petugas saat melanjutkan proses pengurusan.

  1. Isi Jumlah Pemohon

Menariknya menggunakan layanan membuat paspor online adalah bisa berbagi nomor antrean. Saat memilih jadwal terdapat kolom “Jumlah pemohon” yang harus diisi. Artinya Anda dapat mendaftarkan lebih dari satu orang hanya memakai satu akun saja. tetapi batasan maksimal berjumlah 5.

Keunggulan ini karena untuk mendapatkan slot antrean paspor tidaklah mudah. Anda harus melakukan pengecekan secara berkala untuk memantau. Sehingga dengan begitu, akan mempercepat proses pembuatan orang lain jika menggunakan satu nomor untuk beberapa sekaligus.

daftar tanpa app

  1. Datang ke Kantor Imigrasi

Langkah berikutnya Anda perlu mendatangi kantor imigrasi yang menyediakan layanan paspor online. Hal paling penting adalah membawa semua kelengkapan berkas dan dokumen yang sudah dipaparkan di awal sebagai persyaratan dasar. Jangan lupa berpakaian bebas, sopandan tetap rapi.

Biasanya sebelum melanjutkan tahap berikutnya sebagai persyaratan membuat paspor, akan ada pengecekan berkas ulang. Maka dari itu sebaiknya datang lebih awal sekitar 15 menit sebelum jadwal yang ditentukan agar prosesnya lebih cepat. Tunjukkan pula Kode QR untuk mencetak nomor antrean.

  1. Foto Diri, Cek Dokumen, Sidik Jari, dan Wawancara

Pembuatan paspor baru sama dengan cara perpanjangan paspor online yaitu harus melalui kantor imigrasi di tahap akhir. Setelah mengecek semua berkas dan mendapat cetakan nomor antrean tunggu hingga dipanggil. Berikutnya saatnya Anda melakukan sesi foto memasuki ruangan yang akan diarahkan petugas.

Sesi foto hanya berlangsung sekitar 2 sampai 3 menit. Setelah selesai, akan ada tahap pengecekkan dokumen lanjutan oleh petugas. Biasanya pendaftar sekaligus diminta untuk stempel sidik jari menggunakan tinta tersedia yang akan diletakkan di paspor beserta foto diri yang sudah ada.

paspor online

  1. Pembayaran

Setelah semua langkah sebelumnya dilakukan, selanjutnya pendaftar diminta memenuhi tanggungan biaya pembuatan paspor. Biasanya sebelumnya Anda akan diberi kode pembayaran seusai tahap wawancara. Untuk melunasinya bisa dilakukan via ATM BNI, serta beberapa bank lainnya.

Besaran yang harus Anda bayarkan adalah 355 ribu rupiah. Beserta nominal tambahan 5 ribu rupiah sebagai biaya administrasi. Setelah melakukan pembayaran, simpan saja buktinya terlebih dahulu. Hal ini digunakan sebagai cadangan jika saat dicek belum tercantum transaksi tersebut.

  1. Ambil Paspor

Pembuatan paspor memang tidak singkat, pasalnya membutuhkan waktu lebih dari satu hari. selain Anda harus melakukannya melalui online terlebih dahulu agar mempersingkat proses, namun setelah melanjutkan tahap berikutnya di kantor imigrasi terdekat harus menunggu lagi. Sekitar 3 hingga 4 hari pendaftar diperbolehkan kembali.

Hampir sama dengan persyaratan perpanjangan paspor, jika selesai melakukan pembayaran dan segala proses di kantor Anda boleh mengambil hasilnya setelah 3 hari. biasanya jadwal pengambilan pun sudah ditentukan. Lakukan pengecekan terhadap semua data terutama nama agar tidak ada kekeliruan.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara membuat paspor online? Meski pada akhirnya harus mengunjungi kantor imigrasi terdekat. Tetapi paling tidak, proses pengurusan berlangsung lebih cepat dan efektif. Berikut tadi tips cara buat paspor secara online.