cara menghilangkan bekas jerawat

Masalah wajah satu ini kerap menjadi momok bagi beberapa orang, terutama kaum hawa. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir sebab kini telah banyak cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan dengan mudah. Langkah tersebut pun terbilang cukup efektif.

Apa Saja Penyebab Kulit Berjerawat?

Jerawat merupakan gangguan yang disebabkan oleh kandungan minyak berlebih pada kulit. Kelebihan komponen atau lebih sering disebut sebum tersebut mampu menyebabkan adanya penyumbatan pori-pori pada folikel (tempat pertumbuhan) rambut.

Tak hanya sebum, beberapa sel kulit mati yang tidak terangkat secara sempurna juga bisa menyebabkan terjadinya sumbatan. Penyumbatan tersebut mengakibatkan terjadinya peradangan pada kulit dan ditandai dengan kemunculan benjolan-benjolan kecil atau disebut sebagai jerawat.

Seiring dengan berjalannya waktu, benjolan tersebut akan mengering dan terlepas sendiri dari kulit. Namun, tak jarang akibat proses pelepasan tersebut bisa juga menimbulkan bekas jerawat yang berubah menjadi hitam dan sulit dihilangkan sehingga perlu dilakukan perawatan khusus untuk menanganinya.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan 10 Bahan Alami Pilihan

Terlepasnya benjolan secara alami juga berpotensi menyebabkan kemunculan bekas jerawat, baik di wajah, tangan, punggung ataupun bagian tubuh lain. Namun, Anda tak perlu khawatir, kini menghilangkan permasalahan kulit tersebut bisa diatasi dengan memanfaatkan bahan alami, seperti:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya telah dikenal memiliki bergaram manfaat untuk kulit. Di dalamnya terkandung senyawa alonin yang berfungsi mencerahkan area tubuh Anda. Selain mampu melembabkan, cairan kental dari tanaman hijau ini juga ampuh meredakan peradangan pada jerawat sekaligus menghilangkan bekasnya.

Kandungan senyawa alonin yang terkandung di dalam lidah buaya mampu menyamarkan noda-noda hitam akibat bekas jerawat. Bahan tersebut bisa diperoleh dengan mudah dan perawatannya pun sangat sederhana. Cukup oleskan gel pada wajah serta pijat secara lembut. Biarkan selama 30 menit lalu bilas.

2. Minyak Kelapa

Beberapa produk kecantikan sering menggunakan minyak kelapa sebagai komposisi alami untuk meracik skincare aman dan berkhasiat untuk kulit. Pasalnya, di dalam bahan tersebut terkandung banyak sekali senyawa aktif yang mampu mengatasi peradangan bahkan menghilangkan bekas jerawat.

Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang berguna meredakan peradangan. Sedangkan kandungan vitamin E dan antioksidan berfungsi menghilangkan bekas jerawat. Anda cukup mengoleskan 1 sdt bahan tersebut di bagian tertentu secara rutin agar permasalahan kulit bisa teratasi.

3. Perasan Jeruk Lemon

Buah ini biasanya digunakan sebagai pelengkap masakan dan minuman. Namun, siapa sangka ternyata lemon juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara ampuh. Bahan alami tersebut mengandung zat aktif yang bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh.

Akibat dari terangkatnya sel kulit mati tersebut, tubuh akan melakukan regenerasi sehingga wajah atau tubuh lain terasa bersih dan elastis. Perawatan lemon cukup dilakukan dengan cara mengoleskan perasannya ke bagian yang meradang lalu diamkan selama 10 menit. Lakukan sebanyak 2 kali sehari.

4. Madu Asli

Penggunaan madu pada beberapa produk kecantikan dapat menjadi indikasi bahwa bahan tersebut memiliki manfaat besar bagi penggunanya. Hal ini dibuktikan melalui berbagai penelitian yang menyatakan di dalamnya terdapat kandungan senyawa antiseptik dan juga anti-inflamasi.

Kandungan senyawa tersebut mampu meredakan peradangan pada jerawat, bahkan menghilangkannya secara cepat bila digunakan secara rutin. Anda cukup menjadikannya sebagai masker dan dioleskan pada wajah, kemudian diamkan selama 20 hingga 30 menit. Pastikan membilasnya dengan air hangat.

5. Baking Soda

Salah satu bahan untuk membuat kue ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengatasi bekas jerawat hitam pada wajah. Baking soda mampu menyebabkan pengelupasan sel kulit mati sehingga jaringan yang membuat wajah menjadi kusam ini bisa terangkat sehingga permukaan tubuh tersebut bersih.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam satu ini terbilang sangat efektif dan bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air secukupnya hingga bertekstur seperti pasta lalu oleskan serta pijat secara lembut. Diamkan selama 10 hingga 15 menit dan bilas sampai bersih

cara menghilangkan bekas jerawat dengan kunyit

6. Kunyit

Tak hanya berfungsi menyamarkan noda bekas jerawat, kunyit juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah secara efektif dan cepat. Bahan tersebut mengandung senyaya yang bersifat anti-inflamasi dan antibakteri sehingga mampu meredakan peradangan pada kulit.

Perawatan dengan bahan alami ini sangat mudah. Pertama-tama campurkan bubuk kunyit dengan perasan jeruk lemon hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian oleskan ke seluruh wajah Anda. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas. Lakukan hal tersebut setiap hari agar bekas jerawat menghilang.

7. Kentang

Kentang biasanya ditemukan pada beberapa masakan seperti soup atau tumis balado. Namun, tak disangka ternyata anggota dari kelompok umbi-umbia ini juga berguna untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat secara ampuh nan cepat.

Kandungan senyawa alkalin pada bahan tersebut mampu mengangkat sel kulit mati sehingga wajah bisa terlihat bersih dan cerah. Parutlah kentang lalu peras hingga menghasilkan air dari sari-sarinya. Oleskan pada bagian yang memiliki bekas jerawat serta diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

8. Tea Tree Oil

Penggunaan tea tree oil biasa ditemukan pada beberapa produk kecantikan. Di dalam bahan tersebut terkandung zat antimikroba dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada jerawat bahkan mampu menghilangkan bekasnya.

Campurkan sekitar 4 tetes tea tree oil dengan 1 sdt minyak kelapa dan aduk sampai merata. Kemudian oleskan campuran tersebut pada bekas jerawat di wajah atau bagian tubuh lain. Biarkan semalaman agar meresap ke kulit. Ketika bangun, bilas menggunakan air bersih. Lakukan hal tersebut setiap hari.

9. Cuka Apel

Sifat anti-inflamasi pada cuka apel dapat menjadikannya sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara maksimal. Bahan alami tersebut sering dimanfaatkan dalam berbagai produk kecantikan karena keefektifannya mengatasi berbagai masalah pada kulit.

Perawatan dengan cuka apel terbilang sangat mudah. Pertama-tama campurkan cuka apel dan madu dengan perbandingan 1:2 serta tambahkan sedikit air. Aduklah campuran tersebut secara merata lalu oleskan pada wajah dengan kapas bersih. Diamkan selama 20 menit lalu cuci menggunakan air bersih.

10. Timun

Buah timun mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bisa gunakan untuk mengatasi kulit kusam dan bekas jerawat membandel. Magnesium pada bahan alami ini mampu menghidrasi kulit sehingga tetap terjaga kelembabannya.

Menghilangkan bekas jerawat menggunakan mentimun bisa dilakukan dengan mudah. Caranya adalah dengan mengiris timun secara tipis lalu letakkan pada bagian wajah yang memiliki noda akibat berjerawat. Biarkan selama 30 menit kemudian bilas memakai air dingin. Lekukan hal ini setiap hari.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami yang aman dan mudah untuk ditemukan pada kehidupan sehari-hari. Selain melakukan perawatan dari luar, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat serta berolahraga sebagai sarana merawat tubuh secara menyeluruh.